POTENSI

KESENIAN DAN PERMAINAN TRADISIONAL

Ragam/jenis seni pertunjukan/non pertunjukan 

Kethoprak Krido Budoyo

Jenis Seni

Kethoprak

Nama Pimpinan

Bp. Supriyanto 

Tanggal Pendirian

14 juni 1999 

Alamat

Keputren 

Jumlah Anggota

32 Anggota

Jadwal Latihan

Setiap Malam Sabtu

Pengalaman Pagelaran

Prestasi

Kesenian kethoprak di dusun keputren merupakan kesenian andalan pada jamannya, bahkan saking populernya kesenian ini sampai ada 2 grup kethoprak dalam satu kampung, yakni NGESTI BUDOYO dan TIMBUL KRIDHO BUDHOYO. Kedua grup ini saling bergantian untuk mengadakan pentas baik di dalam maupun diluar daerah. Namun seiring perkembangan jaman dan generasi serta situasi ekonomi pada waktu itu satu persatu kesenian ini kian jarang melakukan latihan ataupun pentas dan akhirnya tidak ada lagi yang mampu bertahan. Hanya terkadang pada saat perayaan merti dusun kesenian kethoprak ini ditampilkan dengan para pemain lama yang di campur dengan pemain muda yang berminat menekuni kesenian kethoprak ini. 

Pada tahun 1983 barulah muncul adanya kelompok muda mudi yang terketuk dan menghidupkan kembali kethoprak ini dengan pemain-pemain muda dari organisasi muda-mudi yang ada di Keputren. Anak-anak muda ini begitu tertarik dengan kesenian kethoprak, kemudian mereka giat berlatih dan sering mengadakan pentas setiap tahun baik itu untuk acara perayaan hari kemerdekaan maupun acara merti dusun yang ada di dusun Keputren sampai sekarang. 

Alhamdulillah pada tahun 2019-2020 kesenian kethoprak anak anak dari muda-mudi keputren ini kemudian di register ke Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul dengan Nama Paguyuban Kethoprak Muda ” KRIDHO BUDOYO ”

Keroncong Laras Setya

Jenis Seni

Orkes Keroncong 

Nama Pimpinan

Bpk. Supriyanto 

Tanggal Pendirian

16 Februari 2009  

Alamat

Keputren 

Jumlah Anggota

16 Anggota

Jadwal Latihan

Malam jumat 

Pengalaman Pagelaran

Prestasi

Paguyuban / grup orkes keroncong Laras Setya yang beralamat di Dusun Keputren, Desa Pleret, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul ini sebenarnya sudah berdiri lama atau tepatnya sekitar tahun 1990 silam. Dengan personil warga masyarakat setempat yang memang awalnya dulu adalah para musisi keroncong. Meski dengan peralatan yang semuanya dari pinjaman kami berusaha untuk tetap bisa bertahan meski hal itu tidaklah mudah karena setiap latihan harus mengambil peralatan dari tempat lain yang letaknya lumayan jauh. Namun dari situlah kemudian kami punya komitmen bersama untuk bisa tetap eksis meski dengan peralatan pinjaman. Oleh sebab itu, kemudian kami sepakat untuk memberikan nama Grup Orkes Keroncong tersebut ” Bangun Lestari ” yang  maknanya membangun kembali adanya musik keroncong yang pernah ada ini dan berkomitmen dan bertekat akan menjaga serta melestarikannya. 

Dari nama itu lambat laun latihan kami jadi makin serius dan mulai bisa berkembang dengan baik, banyak warga sekitar kampung yang ikut bergabung ke grup kami sehingga latihan kami semakin ramai dan sedikit demi sedikit kami sudah bisa mengupayakan peralatan sendiri meski belum bisa semuanya, namun sudah sangat membantu dalam hal latihan rutinnya.

Ditengah kami mulai tertata semuanya, pada bulan Mei 2006 bencana alam yang menimpa wilayah Bantul waktu itu menghancurkan semuanya termasuk peralatan Keroncong yang kami bangun selama ini hampir semuanya rusak, begitu juga dengan beberapa personil kami yang harus meninggalkan kami karena menjadi korban dari bencana tersebut. Kami pesimis akan bisa bangkit kembali karena begitu dahsyatnya bencana tersebut. Namun Alhamdulilah  bencana tersebut segera berlalu karena kesigapan pemerintah dalam membangun kembali wilayahnya. Setelah keadaan kembali normal kami dan beberapa personil yang masih diberikan umur panjang mencoba merintis kembali berdirinya orkes keroncong yang pernah dulu pernah ada tersebut.

Dengan berbekal semangat kami mencoba mengumpulkan peralatan yang masih tersisa dan masih bisa digunakan meski banyak yang mesti diperbaiki. Pelan namun pasti kami bisa membangun kembali Grup Keroncong ini dengan menggandeng teman-teman yang mau bergabung. Dari situ kemudian kami sepakat mendirikan Grup kroncong yang baru dengan nama :

Laras Setya” yang maknanya adalah sebagai berikut : Laras yang berarti sesuai atau kesesuaian antara satu dengan yang lain dalam hal berkesenian, sedang Setya  adalah dari kata setia atau kesetiaan kami terhadap  musik keroncong dan bertekat untuk mengabdi, menjaga dan memelihara musik keroncong ini, sebagai salah satu warisan budaya bangsa yang harus dipertahankan dan tetap ada sampai generai berikutnya

Itulah arti sesungguhnya dari nama Laras Setya yang sebenarnya. Meski dengan peralatan yang mungkin terlalu usang dan tua karena bencana alam yang tak bisa dihindarkan. Harapan kami semoga dengan besarnya perhatian pemerintah sekarang ini, kami diberikan fasilitas agar kami bisa bertahan dan menjaga warisan seni budaya yang luhur

Jathilan Pari Kesit

Jenis Seni

Jathilan 

Nama Pimpinan

Bp. Supriyanto 

Tanggal Pendirian

11 September 2001 

Alamat

Keputren 

Jumlah Anggota

33 Anggota

Jadwal Latihan

Malam minggu ke2/bulan 

Pengalaman Pagelaran

Prestasi

Paguyuban kesenian Jathilan Kudho Pari Kesit yang beralamat di Dusun Keputren, Desa Pleret, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul ini sebenarnya sudah berdiri lama atau tepatnya sekitar tahun 1980 silam atau bahkan mungkin lebih dari itu. Namun sebenarnya bukan kesenian Jathilan, akan tetapi Kesenian Reog dimana anggotanya sebagian besar orang orang tua yang lebih mengedepankan bentuk tariannya dipadu dengan tokoh lucu 2 orang penthul bejer dan 2 parogo kempong perot yang menjadi kembang dalam setiap pertunjukannya. Reog sendiri pada waktu itu sering mengadakan pentas di internal kampung karena memang kesenian ini selalu menghiasi dalam setiap perayaan merti dusun yang di selenggarakan setiap tahunnya. 

Selain itu kesenian ini juga selalu tampil dalam setiap ada kunjungan ataupun kegiatan kampung lainnya, sehingga dalam setiap tahun rata rata bisa pentas 3 – 4 kali. Hal inilah yang kemudian membuat kesenian ini mampu bertahan dan bersemangat dalam hal latihan rutin. Namun seiring perkembangan waktu, dan para tokoh tokoh generasi tua yang mulai berkurang, mulailah masuk generasi muda yang mulai mencoba meneruskan kesenian ini. Anak anak muda inilah yang kemudian mencoba mengembangkan kesenian reog ini dengan kesenian jathilan, dengan alat musik yang ada dalam kesenian reog tersebut.  Sehingga dalam tiap kali pementasan, penonton sekaligus akan dapat menonton dua pertunjukan yaitu Reog dan Jathilan. Sayangnya kolaborasi kesenian Reog dan jathilan ini tidak berlangsung lama, karena begitu generasi tua sudah mulai tidak bisa aktif lagi, Kesenian Reog ini berangsur mulai surut, anak anak mudanya cenderung lebih memilih kesenian Jathilan yang lebih mudah di kembangkan dan iramanya bisa bervariatif. Sehingga pada tanggal 16 September 2003 anak anak muda ini kemudian sepakat menekuni kesenian Jathilan ini secara serius akan tetapi tetap tidak meninggalkan akarnya yaitu Pari Kesit. 

Maka atas masukan dan saran dari tokoh tokoh masyarakat Jathilan ini tetap di kemas dengan nama Paguyuban Reog & Jathilan KUDHO  PARI KESIT sampai sekarang. Nama Pari Kesit sendiri waktu itu diambil dari nama tokoh pewayangan putra Abimanyu yang menjadi raja di Astina yang mempunyai sifat Bijaksana, Jujur dan adil. Sehingga diharapkan dengan menjadi seniman itu kita semakin bijaksana dalam menyikapi masalah, jujur dalam setiap perbuatan perkataan dan adil dalam urusan rezeki, berat sama dipikul ringan sama di jinjing.

Gejog Lesung Setyo Rini

Jenis Seni

Gejog Lesung 

Nama Pimpinan

Ibu Pulung Nugrohowati 

Tanggal Pendirian

06 Juni 2004 

Alamat

Keputren 

Jumlah Anggota

28  Anggota

Jadwal Latihan

Malam minggu wage

Pengalaman Pagelaran

Prestasi

Gejog Lesung adalah salah satu kesenian dari Yogyakarta, dan kesenian ini muncul sebagai ungkapan rasa syukur para petani karena hasil panen yang melimpah pada waktu itu. Lesung itu sendiri adalah sebuah alat penumbuk padi yang terbuat dari kayu panjang besar yang kemudian berbentuk seperti perahu, yang digunakan untuk menumpuk hasil padi para petani dengan menggunakan Alu ( batang kayu panjang untuk menumbuk padi di dalam lesung, sehingga menghasilkan bunyi dan irama yang indah, apalagi dengan nyanyian tembang tembang jawa yang popular pada waktu itu, irama lesung itu menjadi semakin tampak nyaman dan menenangkan hati yang mendengarkannya.

Berawal dari situlah kemudian kesenian Gejog lesung itu kemudian menjadi suatu seni pertunjukkan yang sering dipentaskan oleh masyarakat, khususnya masyarakat pedesaan yang sebagian besar memang petani. Seiring dengan perkembangannya waktu, kesenian ini juga sering di perdengarkan saat terjadi gerhana matahari ataupun gerhana bulan.

Namun sayangnya saat ini jarang bisa kita jumpai kesenian Gejog lesung ini sekalipun di masyarakat pedesaan, bahkan banyak yang sudah tidak mengetahui tentang kesenian ini. Inilah yang menjadi keprihatinan kita saat ini, karena jika hal ini tidak terantisipasi dengan baik, hanya tinggal menunggu waktu kapan kesenian akan hilang. Jika kita mampu menjaga warisan budaya dengan baik, kita bisa menggunakannya sebagai ajang promosi ditingkat internasional, sehingga kekayaan budaya yang kita miliki ini mampu mengangkat citra bangsa di mata dunia. Amin.

Karawitan Sentono Laras

Jenis Seni

Karawitan 

Nama Pimpinan

Bpk Sugeng Haryadi 

Tanggal Pendirian

Th 2007 

Alamat

Gunung Kelir 

Jumlah Anggota

10 Anggota

Jadwal Latihan

Kamis Pahing 

Pengalaman Pagelaran

Pentas Bersama Kethoprak FKB Pleret 

Prestasi

Karawitan Sentono Laras berdiri pada tahun 2007. Pendirian kelompok karawitan ini terinspirasi dari masyhurnya kelompok seni yang sejak dulu berkembang di Gunung Kelir namun telah lama vakum. Oleh karenanya, kelompok karawitan hadir dengan formasi lengkap mulai dari kelompok ibu, bapak, hingga anak muda. Masing masing berlatih mulai dari malam selasa, malam rabu, hingga malam kamis. Adapun kelompok muda, pada tahun 2013 lantas membuat perkumpulan sendiri dengan nama Laras Hoki. 


Sholawat Jawa Ngesti Purnomo

Jenis Seni

Shalawat Jawa 

Nama Pimpinan

Bpk Ahmad Sudarmi Spd 

Tanggal Pendirian

01 Januari 1985 

Alamat

Karet 

Jumlah Anggota

25 Anggota

Jadwal Latihan

Setiap Minggu 

Pengalaman Pagelaran

Gelar Budaya Pleret 

Prestasi

Sholawat Jawa Ngesti Purnomo Berdri pada tanggal 1 Januari 1985 dibawah asuhan Simbah Kyai Sholeh dari Jejeran. Pada awal berdirinya Ketua Bapak Juari Warto Sudarmo dengan anggota 15 ORANG. 

Saat ini anggotanya sudah berubah menjadi 25 orang dengan mengalami regenerasi anggota dan kepengurusan. Latihan setiap minggu sekali dan setiap bulan sekali dipentaskan dipendopo Purwatmajan karet pleret.

Hadroh Roudlatul Muta'allimin

Jenis Seni

Hadroh 

Nama Pimpinan

H. Basuki Abdullah 

Tanggal Pendirian

2 Okt 2015 

Alamat

Karet 

Jumlah Anggota

Jadwal Latihan

Malam Kamis 2 

Pengalaman Pagelaran

Prestasi

Hadroh Roudlotul Muta’allimn berdiri sejak tanggal 2 Oktober 2015. Latihan berjalan tiap malam kamis dua minggu sekali, di Mushola Roudlatul Muta’allimn Karet.disamping membaca sholawat juga diisi kajian kitab oleh KH Basuk Abdullah. 

Tari Kreasi Sanggar Tari Ersa

Jenis Seni

Tari 

Nama Pimpinan

Dian 

Tanggal Pendirian

Th 2010 

Alamat

Kauman 

Jumlah Anggota

50 Anggota

Jadwal Latihan

Seminggu sekali 

Pengalaman Pagelaran

Taman Budaya Yogyakarta

JEC

Rabu Pungkasan

Pasar Malam "Sekaten"

Prestasi

Keberadaan seni tari sangat didukung oleh masyarakat, pelaku seni, dan pemerintah daerah. Khususnya Sanggar Tari Ersa Kauman Bantul sebagai pendorong motivasi masyarakat dalam melestarikan, mengamankan dan mengelola kesenian tradisi untuk mewujudkan jati diri masyarakat dengan mendasarkan pada kearifan budaya lokal. Kendala yang dimiliki oleh Sanggar Tari Ersa adalah kurangnya informasi periklanan dalam mengiklankan sanggarnya. Oleh sebab itu, penulis akan membuat desain website, sehingga memudahkan Sanggar Tari Ersa untuk mengelola periklanannya dan bertujuan sebagai penarik daya minat masyarakat dalam melestarikan kesenian dan kebudayaan lokal.

Tari Kreasi Griya Tari Tunas Mataram

GTTM adalah singkatan dari griya tari tunas mataram yang baru berdiri pada tanggal 28 Agustus 2022,beralamat di Kedaton timur RT 5 Pleret Pleret bantul.gttm mempunyai 2tempat latihan yaitu di sanggar dan di destinasi wisata taman benteng mataram.gttm mempunyai 4 kelas yaitu kelas A putra(khusus putra),kelas A putri (usia dasar yaitu tk-kelas 2 SD),kelas B (usia SD kelas 3-6),dan kelas C (usia smp-sma)

Sholawat Montro

Seni Montro Sukalestari berasal dari Dusun Kauman, Pleret, Bantul. Kesenian Montro ini mulanya berfungsi sebagai sarana dakwah, dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, dan hari-hari besar Islam lainnya. Diawali pada 11 April 1939 di Kauman Pleret, Bantul, semenjak hadir Kanjeng Pangeran Yudanegara menantu HB VII untuk memberikan sentuhan-sentuhan pada lagu dan singir slawatan montro. Pada lagu iringan tampak pengaruh dari wayang orang kraton Yogyakarta dengan maca kanda. Semenjak itulah kemudian seni Montro banyak diminati dan dilakukan oleh masyarakat Kauman, Pleret Bantul.

Kata montro dalam bahasa Jawa berarti nama bunga mentimun, juga bisa berarti nama gending montro. Perbedaan antara shalawatan Maulud dan shalawatan montro adalah pada gerakan tarinya. Shalawatan Maulid hanya duduk bersila, sedangkan shalawatan montro ada gerakan tarinya. Perlengkapan instrumen pengiringnya antara lain: 4 buah rebana, 1 kendang batangan, 1 kendang ketipung, kempul, gong, dan 6 orang pelantun lagu dan seorang maca kandha. Dan kelompok penari yang juga ikut melantunkan syair lagu.

Pada pementasannya, semua duduk bersila dan hening sesuai dengan isi lantunan lagu syairnya. Kelompok penarinya pun duduk, jika ada gerak hanya sebagian badannya dan leher yang lembut, sesekali tangannya bergerak lembut di seputaran tubuhnya.


Ragam/jenis permainan tradisional yang masih dikenal masyarakat 

Dakon

Dakon adalah permainan tradisional sejak jaman kerajaan Mataram sampai saat ini masih dilestarikan dan menjadi permainan favorit di kalangan anak-anak ditengah era smartphone. 

Frekuwensi Pelaksanaan Permainan : biasa dilakukan saat sore hari atau pagi hari saat libur sekolah saat anak-anak berkumpul.

Pelaku : dilakukan oleh anak-anak perempuan dan laki-laki

Engkling (Jlongjling)

Engkling (jlongjling) adalah suatu permainan melompat dengan satu kali sambil membawa satu koin di tangan melewati petak petak yang sudah digarisi dan ermainan ini sampai sekarangmasih dilakukan oleh anak-anak untuk mengisi waktu setelah belajar daring di musim pandemi ini. 

Frekuensi Pelaksanaan Permainan : di lakukan setiap anak-anak pada berkumpul di tanah lapang (halaman masjid, halaman umah warga, tenah pekaeangan kosong)

Pelaku anak-anak 

Gobag Sodor

merupakan permainan menghalangi lawan untuk mencapai garis akhir. Permainan ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari tiga orang. Satu tim sebagai penghalang dan satu tim sebagai penyerang. Posisi penyerang dan penjaga ditukar ketika pemain penyerang disentuh oleh pemain penghalang. Gobak sodor merupakan permainan beregu. Dalam permainan ini, terdapat banyak gerakan yang tidak sederhana.

Frekuensi Pelaksanaan Permainan : di lakukan setiap Sore hari / pas hari libur sekolah di tanah lapang.

Pelaku anak-anak, remaja, dewasa

Benthik

Benthik adalah salah satu permainan anak dari Yogyakarta yang menggunakan media stik dari bahan kayu maupun bambu. Dalam buku Ensiklopedi Yogyakarta halaman 326, permainan tradisional anak-anak ini menggunakan alat bantu dari kayu pohon, ranting kayu, atau bambu dengan diameter kurang lebih 1,5 cm sebanyak dua buah, dan satu dengan panjang kurang lebih 5-10 cm. Sementara yang satu lagi dengan panjang kurang lebih 20-30 cm. Permainan ini lazimnya terdiri dari dua regu. Masing-masing regu minimal satu anak dan bertempat di bidang tanah yang cukup luas.

Masing-masing regu dan sudah menyiapkan dua stik serta membuat lubang stik. Kemudian diundi regu mana yang akan bermain terlebih dahulu. Pemain yang mendapat giliran bermain pertama akan memasang stik pendek (janak) melintang di atas lubang stik. Kemudian stik panjang (benthong) dipegang dan dimasukkan ke lubang stik melekat pada stik pendek. Tujuannya agar stik pendek ini dapat terlempar jauh ketika diungkit dengan stik panjang.

Jika stik yang terlempar dapat ditangkap oleh penjaga dan dilemparkan balik oleh penjaga atau mengenai stik panjang yang melintang di lubang stik, berarti permainan harus dilanjutkan oleh teman satu regunya karena ia dianggap mati (giliran permainan telah habis). Namun jika langkah ini berhasil dilalui, maka dilanjutkan dengan pemukulan stik pendek dengan stik panjang (namplek). Sedapat mungkin stik pendek yang dipukul tidak dapat ditangkap oleh penjaga karena bila terjadi demikian berarti mati.

Kemudian penjaga melemparkan kembali stik pendek ke arah lubang stik dan pemain berusaha memukul jauh stik pendek tersebut. Jarak jatuhnya stik pendek dari lubang stik dihitung dengan stik panjang. Langkah ketiga adalah meletakan stik pendek ke dalam lubang stik dengan posisi sejajar dengan lubang stik dan sebagian menonjol ke permukaan lubang. Setelah itu pemain memukul ujung stik dan menonjol ke permukaan lubang.

Pemain memukul ujung stik pendek yang menonjol dengan stik panjang. Ketika stik pendek terlempar ke udara, pemain segera memukul kembali ke arah lapangan. Jika stik pendek yang dipukul tadi tidak tertangkap oleh penjaga, maka tempat jatuhnya stik diukur dengan stik panjang dari lubang stik.

Jumlah nilai pada tahap ini digabungkan pada nilai yang diperoleh sebelumnya. Kemudian permainan dimulai dari langkah pertama lagi. Pada tiap-tiap langkah, jika tidak berhasil dilakukan oleh pemain, maka ia dianggap mati. Permainan dilanjutkan oleh teman satu regunya. Apabila permainan hanya satu lawan satu, maka permainan digantikan oleh penjaga.

Ada istilah ‘patil lele’ dalam permainan ini, yaitu umpan diganjal dengan batu keci, lalu disentil dengan bambu sekeras-kerasnya. Kalau bisa terlempar lebih jauh dan tidak tertangkap lawan, bisa jadi pemain tersebutlah pemenangnya.

Egrang

Egrang adalah sebuah permainan tradisional yang menggunakan sepasang bambu untuk berjalan. Bambu dibentuk seperti tongkat yang memiliki tumpuan kaki yang terbuat dari kayu. Egrang umumnya dimainkan oleh anak-anak. Egrang juga bisa digunakan dalam atraksi. Permainan egrang berguna dalam pelatihan pengendalian diri dengan menjaga keseimbangan, ke fokusan dan meningkatkan rasa percaya diri sekaligus hiburan untuk anak anak maupun dewasa 

Layangan

Layangan atau Layang-layang merupakan salah satu permainan tradisional yang menyenangkan dan seru, biasanya layang-layang berbentuk seperti belah ketupat. Kerangka layangan terbuat dari bambu kemudian di diberi lembaran bahan tipis (plastik) yang diterbangkan ke udara dan terhubungkan dengan tali atau benang nilon

Frekuensi Pelaksanaan Permainan : di lakukan setiap Sore hari / pas hari libur sekolan di tanah lapang, Sawah.

Pelaku anak-anak, remaja, dewasa

Lompat Tali

Permainan tradisional anak tempo dulu yang sampai sekarang masih di budayakan di setiap dusun di kalurahan pleret. 

Frekuwensi Pelaksanaan Permainan : biasa dilakukan saat sore hari atau pagi hari saat libur sekolah.

Pelaku : permainan lompat tali biasa dilakukan oleh anak-anak perempuan dan laki-laki

Bas-basan

Seperti Halma yang dilakukan oleh dua anak, menggunakan papan petak petak seperti papan catur, petak petak tersebut dibagi menjadi dua ruang kekuasaan, tiap kekuasaan dihuni oleh 20 prajurit. Bahan yang digunakan adalah biji-bijian sebagai simbol Prajurit tersebut 

Frekuensi Pelaksanaan Permainan : Setiap hari 

Pelaku ( Anak-anak/Orang Tua  :  Anak-anak dan dewasa 

Tangkap Bebek

Permainan bekelan

Bekel adalah sebuah permainan anak-anak. Permainan tersebut adalah sebuah permainan kuno yang biasanya dimainkan dengan lima benda kecil, atau sepuluh dalam kasus berkelompok. Di Indonesia, permainan tersebut awalnya diambil dari permainan asal Belanda yang disebut bikkelen atau bikkelspel 

Ketersediaan Kelompok/Organisasi di Bidang Seni Pertunjukan/Non Pertunjukan

Kelompok Kethoprak Krido Budoyo

Alamat : Dusun Keputren, Pleret, Pleret, Bantul

Kelompok Gejog Lesung Setyorini

Alamat : Dusun Keputren, Pleret, Pleret, Bantul

Kelompok Orkes Keroncong Laras Setya

Alamat : Dusun Keputren, Pleret, Pleret, Bantul

Kelompok Orkes Keroncong X Bening

Alamat : Dusun Keputren, Pleret, Pleret, Bantul

Paguyuban Seni Reog dan Jathilan Kudho Pari Kesit

Alamat : Dusun Keputren, Pleret, Pleret, Bantul

Sholawat Jawa Ngesti Purnomo

Alamat : Dusun Karet, Pleret, Pleret, Bantul

Kelompok Hadroh Roudlotul Muta'allimin

Alamat : Dusun Karet, Pleret, Pleret, Bantul

Kelompok Gejog Lesung Ngudi Laras

Alamat : Dusun Karet, Pleret, Pleret, Bantul

Kelompok Karawitan Sentono Laras

Alamat : Dusun Gunungkelir, Pleret, Pleret, Bantul

Grup Rebana Sekar Kedaton

Alamat : Dusun Kedaton, Pleret, Pleret, Bantul

Kelompok Sanggar Tari Tunas Mataram Kedaton

Alamat : Dusun Kedaton, Pleret, Pleret, Bantul

Kelompok Sholawat Montro Suko Lestari

Alamat : Dusun Kauman, Pleret, Pleret, Bantul

Kelompok Sanggar Tari Ersa Kauman

Alamat : Dusun Kauman, Pleret, Pleret, Bantul

Kelompok Jathilan Turonggo Senja Satria Muda

Alamat : Dusun Pungkuran, Pleret, Pleret, Bantul

Kelompok Karawitan Mulyo Laras

Alamat : Dusun Gunungan, Pleret, Pleret, Bantul

Ketersediaan Peralatan Pendukung Kesenian

Seperangkat Gamelan

Kelompok Karawitan Setyo Laras, Padukuhan Karet

Seperangkat Gamelan

Kelompok Karawitan Sentono Laras, Padukuhan Gunungkelir

Gejog Lesung 

Kelompok Gejog Lesung Setyorini, Padukuhan Keputren

Jaran Kepang

Kelompok Seni Jathilan Turangga Senja Satria Muda, Pungkuran

Alat Musik Rebana/tabuhan

Kelompok Kesenian Montro Suko Lestari Kauman

Ketersediaan Fasilitas Pendukung Kesenian

Panggung dan Tempat Pagelaran Seni tingkat Desa

Pendopo tempat latihan dan Pagelaran Seni di Padukuhan Kauman

Pendopo tempat latihan dan Pagelaran Seni di Padukuhan Kedaton

Tempat Latihan dan Pagelaran Seni di Padukuhan Gunungkelir

Pendopo tempat latihan dan Pagelaran Seni di Padukuhan Gunungan

Panggung dan Tempat Pagelaran Seni Padukuhan Kerto

Pendopo tempat latihan dan Pagelaran Seni di Padukuhan Karet

Pendopo tempat latihan dan Pagelaran Seni di Padukuhan Kanggotan

Pendopo tempat latihan dan Pagelaran Seni di Padukuhan Keputren

Pendopo Tempat Latihan dan Pagelaran Seni di Padukuhann Bedukan

Pendopo Tempat Latihan dan Pagelaran Seni di Padukuhan Pungkuran

Pendopo Tempat Latihan dan Pagelaran Seni di Padukuhan Trayeman